Berita Terkini

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) merupakan kegiatan imunisasi rutin tahunan yang dilaksanakan dengan sasaran siswa sekolah dasar. Tahun ini, pelaksanaan BIAS diadakan di seluruh Sekolah Dasar atau sederajat di wilayah Puskesmas Kendalsari dengan pemberian vaksin MR dan Dt atau Campak dan Difteri. Terdapat 19 sekolah dasar sederajat di wilayah Puskesmas Kendalsari yang mengikuti kegiatan BIAS baik sekolah negeri maupun swasta hingga SLB.

Meski tahun 2020 diwarnai dengan pandemi Covid-19, BIAS tetap dilaksanakan sesuai arahan Kemenkes untuk meningkatkan derajat kesehatan anak dengan membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap virus maupun bakteri. Tentunya, kita tidak menginginkan adanya wabah baru ditengah beban wabah Covid-19 yang belum tuntas ditangani di Indonesia.

Bertepatan dengan adanya Pandemi Covid-19 di Tahun 2020, pelaksanaan BIAS tetap dilakukan sesuai jadwal dengan memperhatikan penerapan protokol Kesehatan.  BIAS dilakukan di lingkungan terbuka di sekolah masing-masing. Siswa yang mengikuti BIAS merupakan siswa yang sehat, tidak mengalami gejala demam, batuk pilek atau yang lainnya. Ketika memasuki wilayah sekolah, siswa dan orangtua terlebih dahulu melalui skreening protokol Kesehatan dengan mencuci tangan dan cek suhu tubuh. Apabila siswa ataupun orangtua memiliki suhu tubuh diatas 37.5oC maka siswa diminta untuk pulang dan menunda imunisasi hingga kondisi sudah sehat. Selanjutnya, siswa menunggu antrian imunisasi dengan menjaga jarak sesuai nomor absen. Sembari menunggu siswa diimunisasi, orangtua atau wali murid mendapatkan penyuluhan dari petugas Kesehatan Puskesmas Kendalsari tentang Covid-19 dan Imunisasi secara umum.

Petugas Kesehatan menyampaikan bahwa BIAS kali ini tidak akan menimbulkan demam pada anak sehingga orangtua tidak perlu khawatir. Petugas sudah memberikan tablet paracetamol yang bisa diberikan pasca imunisasi untuk mencegah timbulnya nyeri. Jika anak merasa nyeri di area bekas suntikan bisa diberikan kompresan air hangat dan istirahat yang cukup.

Selama pelaksanaan BIAS, petugas beserta Bapak / Ibu Guru UKS memantau kelancaran kegiatan dan penerapan protokol Kesehatan di area sekolah dengan menghimbau siswa maupun orang tua untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter dan tidak melepas masker.

Setelah dilakukan imunisasi, siswa dan orangtua diharapkan langsung pulang agar siswa dapat segera beristirahat dan menghindari kerumunan. Sesampainya di rumah, siswa maupun orang tua dihimbau untuk melakukan bersih diri seperti mencuci tangan, mengganti baju sebelum beraktivitas Kembali di dalam rumah agar apabila ada terdapat virus Covid-19 di tubuh dan pakaian tidak mengkontaminasi lingkungan rumah.

Pelaksanaan Skreening Suhu Tubuh

 

Siswa Menunggu Antrian Imunisasi

 

Petugas Kesehatan melakukan Imunisasi pada Siswa

 

Penyuluhan pada Wali Murid