Tak Berkategori

Senam Kaki pada Penderita Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit kronik yang memerlukan perawatan, baik secara medis dan keperawatan. Diabetes melitus merupakan gangguan pada kemampuan pankreas memproduksi insulin yang berdampak pada meningkatnya kadar gula dalam darah. Angka   kejadian   DM   yang   semakin meningkat, jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan berbagai  macam  komplikasi  dalam tubuh. 

Latihan Fisik merupakan salah satu dari empat pilar utama penatalaksanaan DM. Latihan fisik dapat menurunkan kadar glukosa darah karena latihan fisik akan meningkatkan pemakaian glukosa oleh otot yang aktif. Salah satu jenis latihan fisik yang dianjurkan adalah senam   kaki   diabetes.

Apasih senam kaki diabetes itu? Senam kaki diabetes adalah latihan fisik yang dimana gerakannya dilakukan dengan menggerakkan otot dan sendi kaki. Salah satu latihan fisik bagi penderita diabetes guna melancarkan peredaran darah dan mencegah luka pada kaki.

Nah senam kaki diabetes ini juga memiliki segudang manfaat loh yaitu:

  1. Memperbaiki sirkulasi darah
  2. Memperkuat otot otot kecil kaki
  3. Mencegah terjadinya luka pada kaki
  4. Mengurangi resiko komplikasi
  5. Menurunkan kadar gula darah

Petugas kesehatan Puskesmas Kendalsari bekerjasama dengan mahasiswa PKL Promkes Polkesma Malang melakukan edukasi praktik senam kaki bersama para peserta Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) pada jum’at tanggal 16 februari lalu bertepatan dengan kegiatan pemeriksaan laboratorium rutin bagi peserta prolanis. Peserta prolanis diberikan media berupa kertas koran untuk mempermudah dalam mempraktikkan senam kaki yang dicontohkan oleh petugas kesehatan. Harapannya, peserta prolanis dapat mengikuti kegiatan senam tersebut dan dapat mempraktikkan secara rutin di rumah demi terkontrolnya kadar gula dalam darah dan meningkatkan aktivitas fisik rutin pada penderita diabetes mellitus.

Petugas kesehatan menjelaskan tentang manfaat senam kaki pada peserta prolanis
Peserta Prolanis melakukan praktik senam kaki bersama dengan media kertas koran

Latihan senam kaki Diabetes ini dapat dilakukan setiap hari secara teratur, dimana saja dan kapan saja. Bisa sambil bersantai bersama keluarga maupun menonton televisi. Yuk simak video tutorial senam kaki diabetes ini di kanal Youtube Puskesmas Kendalsari.