Tak Berkategori

Gebyar Sub PIN Polio Putaran Kedua

Puskesmas Kendalsari telah melaksanakan Sub PIN Polio Putaran kedua pada bulan Februari tahun ini. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari pada tanggal 19 sampai 21 Februari 2024 di tiga kelurahan wilayah kerja Puskesmas Kendalsari. Sasaran dari kegiatan ini sama dengan kegiatan Sub PIN Polio putaran pertama yang dilaksanakan bulan Januari lalu yaitu anak usia 0 – 7 tahun, sehingga targetnya 1 anak mendapatkan dua kali putaran Sub PIN Polio. Lokasi pelaksanaan Sub PIN Polio kedua kali ini juga sama dengan lokasi putaran pertama yaitu mulai dari Posyandu, PAUD / TK, hingga Sekolah Dasar di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari.

Petugas Memberikan Vaksin Tetes Polio pada sasaran

Kegiatan Sub PIN Polio dilakukan selama dua putaran dengan tujuan memberikan kekebalan terhadap virus Polio secara efektif. Penyakit Polio memang tidak dapat diobati, tapi sangat bisa dicegah dengan pemberian imunisasi dan salah satunya dengan diadakannya gebyar Sub PIN Polio selama dua putaran ini. Pada pelaksanaannya, apabila peserta Sub PIN Polio gagal mendapatkan vaksin karena kondisi sedang sakit, maka peserta tersebut dapat mengikuti jadwal PIN Polio susulan yang telah disediakan Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang. Puskesmas Kendalsari sendiri turut menyediakan jadwal PIN Polio susulan yaitu pada hari kamis tanggal 22 Februari 2024.

Pada saat pelaksanaan Sub PIN Polio khususnya di wilayah Kelurahan Tulusrejo, turut dihadiri oleh Lurah dan TP PKK Kelurahan beserta tim yang turut antusias menyukseskan kegiatan PIN Polio kali ini. Tak jarang pada lokasi pelaksanaan Sub PIN Polio diberikan dekorasi yang meriah dan peserta Sub PIN Polio diberikan bingkisan hadiah seperti balon, kotak makan, pensil dan lainnya.

Lurah Tulusrejo beserta Ketua TP PKK Tulusrejo menghadiri Sub PIN Polio putaran kedua di Posyandu RW.8 Bukirsari

Setelah berhasil dilakukan PIN Polio peserta akan diberikan tanda tinta biru di bagian kuku jari kelingking sebagai tanda bahwa anak tersebut telah mendapatkan vaksin Polio pada musim Sub PIN Polio saat ini. Peserta PIN Polio juga diminta menyetorkan NIK untuk dilakukan entry data capaian imunisasi pada aplikasi Sehat Indonesiaku sebagai wujud pemantauan capaian imunisasi dasar anak.